PBB: Warga Sipil Gaza Terancam Kelaparan dan Krisis Air Bersih

PBB: Warga Sipil Gaza Terancam Kelaparan dan Krisis Air Bersih
Ilustrasi warga Gaza antre makanan (Foto: AP/Hatem Ali)

GLOBALKEPRI.COM.ROME - Program Pangan Dunia PBB (WFP) menyebut bahwa warga sipil di Gaza, Palestina, menghadapi ancaman kelaparan karena makanan 'hampir tidak ada'. Warga Gaza juga dihadapkan dengan krisis air bersih.

"Dengan semakin dekatnya musim dingin, tempat penampungan yang tidak aman dan penuh sesak, serta kurangnya air bersih, warga sipil menghadapi kemungkinan kelaparan," kata Direktur Eksekutif WFP, Cindy McCain, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir AFP, Jumat (17/11/2023).

WFP telah memperingatkan akan meningkatnya kelaparan selama berminggu-minggu di Gaza. Cindy mengatakan bahwa roti sekarang langka atau tidak ada sama sekali dan tidak mungkin untuk memenuhi kebutuhan pangan warga Gaza jika saat ini hanya dengan satu penyeberangan perbatasan yang beroperasi.

"Satu-satunya harapan adalah membuka jalur aman kedua untuk membawa makanan ke Gaza," ucapnya.

WFP mengatakan kekurangan bahan bakar juga menghambat pengiriman makanan ke Gaza. Sebab, truk yang tiba dari Mesir pada Selasa lalu tidak dapat menjangkau warga sipil karena kehabisan bahan bakar.

Jumlah makanan yang masuk ke Gaza masih sangat tidak memadai, WFP memperingatkan bahwa jumlah tersebut hanya cukup untuk memenuhi tujuh persen dari kebutuhan kalori minimum harian.

 

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index