Ulah Korut Tembakkan 200 Peluru Artileri Bikin Korsel Naik Darah

Ulah Korut Tembakkan 200 Peluru Artileri Bikin Korsel Naik Darah
Foto: Ilustrasi Rudal Korut (KCNA via AP Photo)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Militer Korea Utara (Korut) menembakkan lebih dari 200 peluru artileri ke dekat dua pulau Korea Selatan (Korsel) pada hari Jumat (5/1). Hal ini membuat Korsel geram.

Dilansir kantor berita AFP, Jumat (5/1/2024), perintah evakuasi pun dikeluarkan untuk penduduk di pulau-pulau tersebut.

"Militer Korea Utara melakukan lebih dari 200 tembakan hari ini sekitar pukul 09:00 hingga 11:00 (1200 hingga 0200 GMT) di wilayah Jangsan-got di bagian utara Pulau Baengnyeong dan wilayah utara... Pulau Yeonpyeong," kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korea Selatan dalam sebuah briefing.

Pejabat lokal Yeonpyeong mengatakan kepada AFP bahwa warga sipil telah diminta untuk mengungsi, dan menggambarkan perintah tersebut sebagai "tindakan pencegahan".

Pulau Yeonpyeong Korea Selatan terletak di Laut Kuning. Letaknya sekitar 80 kilometer sebelah barat Incheon dan 12 kilometer sebelah selatan garis pantai Provinsi Hwanghae, Korea Utara.

Penduduk Pulau Baengnyeong juga telah diminta untuk mengungsi, kata pejabat setempat kepada AFP.

"Kami sedang membuat pengumuman evakuasi saat ini," kata seorang pejabat distrik setempat di Pulau Baengnyeong.

Laporan pejabat Kementerian Pertahanan Korsel, yang enggan disebut namanya, menyebut lebih dari 200 tembakan artileti dilepaskan oleh militer Korut ke dekat dua pulau di sisi perbatasan Korsel pada Jumat (5/1) pagi waktu setempat.

"Ini merupakan aksi provokatif yang mengancam perdamaian di Semenanjung Korea," tegas Kementerian Pertahanan Korsel dalam pernyataannya.

Lebih lanjut, Kementerian Pertahanan Korsel mendesak Korut untuk "segera menghentikan aksi ini".

 

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index