Gunung Berapi di Jepang Erupsi, Lontarkan Bebatuan hingga 1 Kilometer

Gunung Berapi di Jepang Erupsi, Lontarkan Bebatuan hingga 1 Kilometer
Ilustrasi gunung meletus (Foto: Istimewa)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Gunung berapi di Pulau Suwanose, di barat daya Jepang, erupsi, pada Minggu dini hari. Belum diketahui ada tidaknya korban atau kerusakan imbas bencana tersebut.

Dilansir AFP, Minggu (14/1/2024), berdasarkan situs Desa Toshima di pulau Suwanose, belum ada laporan mengenai jumlah korban luka dan dampak kerusakan. Badan Meteorologi Jepang mendesak masyarakat yang berada di daerah tersebut untuk menahan diri memasuki zona bahaya.

Badan Meteorologi Jepang menyebut Gunung Otake memuntahkan bebatuan ke area di luar radius satu kilometer. Pemerintah desa memperingatkan warga akan kemungkinan erupsi susulan yang dapat melontarkan batu-batu besar ke udara dan ke daerah sekitarnya.

Jepang terletak di Cincin Api Pasifik, sebuah busur aktivitas seismik dan vulkanik intens yang membentang melintasi Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Sementara itu dilansir Reuters, Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan gunung berapi tingkat 3 -dari 5- untuk Suwanosejima. Jepang juga membatasi pintu masuk ke daerah berbahaya di sekitar gunung berapi.

Lembaga penyiaran publik NHK, mengutip kantor polisi setempat di prefektur Kagoshima menyebut tidak ada kerusakan yang dipastikan akibat letusan tersebut.

 

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index