Keyakinan 3 Kuli Teman Pegi Setiawan di Kasus Vina Cirebon

Keyakinan 3 Kuli Teman Pegi Setiawan di Kasus Vina Cirebon
Tampang Pegi Otak Pembunuhan Vina di Cirebon

GLOBALKEPRI.COM, CIREBON - Tiga teman Pegi alias Perong akan dimintai keterangan terkait oleh Polda Jabar terkait kasus pembunuhan Vina dan Muhamad Rizky alias Eky yang terjadi di Cirebon delapan tahun yang lalu.
Mereka adalah Suharsono alias Bondol, Suparman dan Ibnu. Sama dengan Pegi, ketiganya berprofesi sebagai kuli bangunan.

Kepada detikJabar, Suharsono alias Bondol mengatakan, jika dia bersama dua rekan kerja lainnya secara resmi sudah mengantongi surat pemanggilan dari Ditreskrimum Polda Jabar.
"Kami terima surat panggilan ini kemarin (Selasa) kira-kira sorean baru saya terima," kata dia, Rabu (29/5).
Suharsono mengungkapkan, dalam surat itu meminta ketiga rekan kerja Pegi Setiawan untuk datang dan memberikan keterangan terkait kasus yang saat ini membelit Pegi Setiawan alias Perong pada, Jumat (31/5/2024) mendatang.
"Isi suratnya sih minta kami datang ke sana (Polres Cirebon Kota) buat kasih keterangan," ungkapnya.

Suharsono berjanji akan memberikan kesaksian apa adanya pada saat peristiwa kematian Vina dan Muhamad Rizky atau Eky pada 27 Agustus 2016 silam.

Kemudian ia tetap meyakini jika rekan kerjanya yakni Pegi Setiawan alias Perong bukan sebagai pelaku aksi kekejaman tersebut.

"Saya akan berikan kesaksian apa adanya, apalagi waktu kejadian Pegi itu enggak ada di sini (Cirebon). Saya yakin Pegi bukan pelaku apalagi dituduh jadi otak dari kasus ini," tegasnya.
Teman Pegi lainnya, Suparman juga meyakini jika tuduhan terhadap Pegi Setiawan yang saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka tidak benar. Pasalnya saat kejadian peristiwa tersebut Pegi Setiawan alias Perong tidak berada di Cirebon.

"Saya yakin betul kalau Pegi bukan pelaku, soalnya ditanggal kejadian itu ya Pegi posisinya nggak di Cirebon," pungkasnya.

Polda Jawa Barat merespons isu penangkapan Pegi Setiawan alias Perong di kasus pembunuhan Vina. Polisi pun menegaskan Pegi adalah pelaku dari kasus yang terjadi di Cirebon 2016 lalu.

"Kita yakinkan bahwa PS adalah ini. kita sudah menyita sejumlah dokumen terkait dengan identitas, baik KK maupun ijazah. Kita yakinkan bahwa ini adalah PS alias Pegi Setiawan," kata Dirkrimum Polda Jabar Kombes Pol Surawan, Minggu (26/5/2024).
Surawan juga merespons pernyataan bahwa Pegi adalah korban salah tangkap dan dinarasikan sengaja dikorbankan. Menurut Surawan, setelah didalami, hanya Pegi yang menjadi DPO dari kasus pembunuhan Vina Cirebon.

"Perlu saya sampaikan di sini bahwa tidak ada anak pejabat terlibat di sini. Kami sangat koperatif dan transparan terkait penyidikan ini. DPO ya hanya satu, yaitu PS," tuturnya.

"Terkait apapun yang disampaikan, ya itu terserah, silakan. Kami tetep berpengan atau berpatokan pada fakta penyidikan, jadi kita tidak berasumsi apapun di medsos terhadap penyelidikan yang kita lakukan. Kkita berpedoman kepada fakta bukan asumsi," tegasnya.
 

#Hukum & Kriminal

Index

Berita Lainnya

Index