Mata Sering Kedutan? Kenali Penyebab dan Cara Atasinya!

Mata Sering Kedutan? Kenali Penyebab dan Cara Atasinya!
ilustrasi mata berkedut

GLOBALKEPRI.COM, JAKARTA  - Kedutan mata sebenarnya adalah sesuatu yang umum. Hampir semua orang pernah merasakan pergerakan otot pada area sekitar mata yang tidak dapat dikontrol.

Mata berkedut terjadi ketika adanya kejang (spasm) pada otot atau kelopak mata. Istilah medis yang mungkin digunakan untuk mendeskripsikan mata berkedut adalah blefarospasm.

Biasanya, mata yang berkedut hanya terjadi beberapa saat dan akan hilang dengan sendirinya. Meskipun membuat tidak nyaman, kedutan mata cenderung tidak berbahaya.

Dibalik mata yang berkedut, ada alasan atau penyebab medis yang melatarbelakangi. Kenali penyebab di balik mata yang berkedut dan cari tahu cara mengatasinya dengan simak penjelasan di bawah ini!

Penyebab Mata Berkedut

Mata berkedut biasanya disebabkan oleh hal-hal umum. Dilansir dari WebMD, mata yang berkedut terjadi karena adanya sinyal yang tidak normal pada otak atau pada otot muka.

Berikut beberapa penyebab mata berkedut yang Anda rasakan:

  • Kelelahan
  • Stres
  • Konsumsi kafein dan alkohol yang tinggi
  • Merokok
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Pengobatan tertentu, terutama pengobatan untuk psikosis dan epilepsi

Jenis Mata Berkedut

  • Kedutan Minor

Merupakan jenis kedutan tidak berbahaya yang biasanya dirasakan orang awam. Selain karena disebabkan oleh aktivitas dan pola hidup, kedutan minor juga bisa terjadi karena kornea atau konjungtiva (membran/selaput kelopak mata) mengalami iritasi.

  • Blefarospasme esensial jinak

Merupakan jenis langka yang lebih sering dialami perempuan. Mata berkedip tanpa henti atau iritasi mata yang semakin lama bisa sebabkan penglihatan kabur hingga kelopak mata tidak bisa dibuka selama beberapa jam.

Faktor iritasi atau peradangan pada mata yang sudah ada sebelumnya bisa menyebabkan kondisi ini.

  • Hemaficial spasm

Kondisi langka yang menyebabkan kedutan terjadi tidak hanya di mata, namun hingga ke area mulut. Kedutan terjadi pada satu sisi wajah yang disebabkan oleh pembuluh darah yang menekan saraf wajah.

Cara Mengatasi Mata Berkedut

Sebenarnya cukup mudah untuk mengatasi bahkan mencegah mata berkedut. Meskipun cenderung tidak berbahaya, namun mata berkedut kadang bisa sangat menjengkelkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata yang berkedut dengan mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan merokok. Selain itu, istirahat yang cukup?baik istirahat mata maupun istirahat tubuh.

Jaga kelembapan mata dengan obat tetes mata serta kurangi menatap layar monitor gadget yang bisa menyebabkan berbagai kondisi mata lelah lainnya.

Untuk kondisi mata berkedut yang lebih serius, segera konsultasikan kepada dokter Anda untuk meredakan kedutan pada otot sekitar wajah.

#Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index