Gunakan Adat Jawa saat Resepsi, Akad Nikah Adik Jokowi Digelar Hari Ini

Gunakan Adat Jawa saat Resepsi, Akad Nikah Adik Jokowi Digelar Hari Ini
Pernikahan adik Presiden Jokowi

GLOBALKEPRI.COM.SOLO- Dalam pesta pernikahannya, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan adik Presiden Joko Widodo, Idayati, bakal mengenakan busana yang khusus didesain oleh Butik Chili Kebaya.

Pernikahan keduanya akan berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/5). Presiden Jokowi sendiri akan hadir sebagai wali nikah mempelai perempuan.

Digelar menurut Adat Jawa, Anwar dan Idayati akan mengenakan busana tradisi Jawa. Beskap Solo untuk mempelai pria, kebaya untuk mempelai wanita.

Chili Kebaya menyiapkan dua setel busana untuk kedua mempelai. Satu setel dikenakan saat acara ijab kabul yang dilaksanakan pukul 09.00 - 11.00 WIB. Satu setel lainnya dikenakan saat resepsi yang berlangsung pukul 12.00 - 15.00 WIB.

"Pak Anwar nanti memakai beskap model hewes-hewes atau sikepan," kata Pemilik Butik Chili Kebaya, Doddi Nanjaya saat ditemui di kediamannya di Gilingan, Solo, Rabu (25/5).

Doddi mengatakan, kedua mempelai akan mengenakan busana berwarna champagne atau krem saat prosesi ijab kabul. Keduanya kemudian berganti busana dengan beskap dan kebaya berwarna merah maroon untuk resepsi.

"Nanti tetap pakai bahan bludru untuk yang kakung. Untuk yang wanita tetap pakai brokat karena kebaya," katanya.

Menurut Doddi, Anwar tidak banyak mengajukan permintaan dalam desain busananya. Pasalnya, Anwar berasal dari Bima, Nusa Tenggara Barat.

"Takutnya salah. Pak Anwar malah terserah kita. Jadi enggak ada request tertentu dari Pak Anwar," katanya.

Istri Doddi, Hanif Aisyah menambahkan, kedua mempelai nantinya akan mengenakan kain jarik bermotif Sidomulyo. Motif tersebut dipilih lantaran kedua mempelai berstatus janda dan duda.

"Jariknya karena beliau sudah tidak muda lagi, kita pakai motif Sidomulyo. Kalau belum pernah menikah [pakai motif] Sidomukti. Semua kain itu, kan, ada maknanya ya," katanya.

Motif batik Sidomulyo sendiri memiliki arti harapan agar mempelai meraih kemuliaan dalam kehidupan di masa mendatang.

"Tidak pakai Sidomukti karena beliau sudah pasti mukti ya. Beliau sudah punya anak. Kalau Sidomulyo itu agar di kemudian harinya tambah kebaikannya," katanya. **

#Peristiwa

Index

Berita Lainnya

Index