Countryman EV, Jadi Mobil Listrik Pertama Mini yang Diproduksi di Jerman

Countryman EV, Jadi Mobil Listrik Pertama Mini yang Diproduksi di Jerman
Mini Countryman listrik.

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Mini Countryman listrik tampil di Autmobil-Ausstellung (IAA) Mobility Show di Jerman, Jumat (1/9/2023). Countryman elektrik terbaru ini masih membawa DNA yang serupa dengan versi konvensionalnya terdahulu.

Head of Mini Stefanie Wurst menyampaikan, dengan hadirnya all electric Mini Countryman, merek Mini berjalan menuju era baru yakni bebas emisi dengan mobilitas listrik.

Menurutnya, model Mini ini jadi yang pertama diproduksi di Jerman sekaligus menawarkan kompatibilitas terhadap lingkungan dalam produksinya.

"Model ini menawarkan motor listrik bertenaga yang menjadi teman sempurna untuk perjalanan di dalam kota dan petualangan di berbagai medan," terang Stevie dalam keterangannya.

Model ini memiliki dimensi panjang 4.433 mm, lebar 1.843 mm, dan tinggi 1.656 mm. Wheelbase-nya sejauh 2.692 mm, meningkat dibanding model lawas dan berdampak pada pengendalian juga kenyamanan di dalam kabinnya.

Kesan modern hadir dari garis desain yang melengkung. Transisi seamless terlihat pada area pilar C.

Grafis dan lettering pada Mini Countryman terbaru ini hadir minimalis, namun sebagai gebrakan, Mini memperlihatkan desain di tiga area yakni bodi kendaraan, jendela dan atap menjadi terlihat kontras.

Hasilnya adalah kesan Countryman yang powerful, ini juga berkat penggunaan pelek 20 inci dengan model baru.

Kesan modern pada eksterior Countryman hadir berkat penggunaan teknologi LED, baik di depan dan belakang. Ini menciptakan karakter khas Mini yang berbeda dibanding produk sejenis.

Bagian depannya hadir grille octagonal serta penggunaan aksen silver yang mengesankan produk premium. Soal trim, konsumen bisa memilih empat tawaran yakni Essential, Classic, Favoured dan JCW yang sporty.

Masuk ke interior, mobil listrik Mini Countryman menawarkan desain yang terbilang simpel namun tetap elegan dengan perpaduan penggunaan layar digital pada meter cluster dan head unit berbentuk lingkaran yang khas.

Mini mengejar kesan lapang juga berkonsentrasi pada pengalaman berkendara yang lebih esensial untuk Countryman terbaru.

Layar hiburan utamanya sudah berteknologi OLED resolusi tinggi. Head unit ini sudah menggunakan Mini Operating System 9 dengan perintah suara "Hei Mini!" perdana digunakan pada produk Mini.

Perintah suara ini akan merespons dengan penggunaan animasi dan mampu mengoperasikan berbagai fungsi dasar pada kendaraan.

Mini Intelligent Personal Assistant yang hadir juga mampu belajar dari kebiasaan pengemudi melalui geo-based data, ini akan membuat pengalaman berkendara menjadi lebih personal.

Fitur Lain

Countryman terbaru juga telah disematkan fitur ADAS level 2. Ini termasuk semi automated driving pada jalan tol dengan kecepatan hingga lebih dari 60 kpj.

Model baru ini menggunakan sekitar 12 sensor ultrasonc, juga empat kamera yang berada di sekeliling kendaraan untuk memaksimalkan keselamatan selama berkendara.

Soal performa, Mini Countryman ditawarkan dalam dua varian yakni Countryman E dan Countryman SE All4 dengan penggerak AWD. Pada Countryman E, motor listrik bertenaga 204 hp dan torsi 250 Nm menawarkan feel berkendara sporty.

Kemampuan melesat dari diam hingga 100 kpj varian standar ini membutuhkan waktu 8,6 detik dengan top speed 170 kpj. Jarak tempuhnya sejauh 462 km.

Pada varian AWD, motor listriknya menawarkan tenaga hingga 313 hp dan torsi tembus 494 Nm. Kemampuan akselerasinya lebih superior, hanya butuh waktu 5,6 detik untuk mencapai 100 kpj dari diam.

Kecepatan puncaknya 180 kpj. Kedua varian ini menggendong baterai dengan kapasitas 66,45 kWh. Jarak tempuhnya mencapai 433 km.

Kemampuan pengisian daya kedua model ini bisa dilakukan dengan tegangan 22 kW sebagai standar dan 130 kW untuk mode fast charging. Pada model fast charging, kemampuan pengisian daya dari 10 hingga 80 persen adalah 30 menit.

Model Countryman terbaru ini juga masih menawarkan mesin bensin yang dinilai lebih efisien. Varian Countryman C menawarkan penggerak depan, sementara Countryman S ALL4 untuk varian dengan penggerak empat roda.

Model Countryman JCW ALL4 jadi yang paling buas. Countryman juga ditawarkan dengan mesin diesel.
 

#Otomotif

Index

Berita Lainnya

Index