Honda HR-V Masih Perkasa, Sulit 'Digusur' Rival-rivalnya

Honda HR-V Masih Perkasa, Sulit 'Digusur' Rival-rivalnya
Honda HR-V masih perkasa di segmen SUV kompak. Foto: All New Honda HR-V

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Honda HR-V masih jadi yang terkuat di segmen SUV kompak. Di segmen itu, penjualan Honda HR-V masih mendominasi.

Mobil di segmen SUV kompak kian banyak bermunculan. Sebelum ramai seperti sekarang, salah satu model yang cukup laris adalah Honda HR-V. Seiring berjalannya waktu, mobil jenis SUV kian diminati. Tidak heran sejumlah pabrikan berlomba-lomba menghadirkan model serupa.

Dimulai dari Hyundai yang menghadirkan Creta, disusul Wuling Alvez, Chery Omoda 5, Suzuki Grand Vitara, dan yang teranyar Yaris Cross. Menariknya, meski ramai-ramai dikepung rival, Honda HR-V boleh dibilang masih perkasa. Hal itu terlihat dari angka penjualannya.

Mengutip data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Agustus 2023, HR-V masih yang terlaris dibandingkan rival-rivalnya. Sepanjang bulan kedelapan itu, PT Honda Prospect Motor mendistribusikan 2.112 unit HR-V dari pabrik ke dealer-dealernya.

Terbanyak kedua ada pendatang baru Toyota Yaris Cross varian bensin maupun hybrid. Pada periode yang sama, distribusi Yaris Cross dua varian itu mencapai 1.719 unit. Berlanjut ada Hyundai Creta yang sanggup mendistribusikan 580 unit dari pabrik ke dealer.

Chery Omoda 5 ada di posisi berikutnya. Pendatang baru asal China ini tercatat mendistribusikan 358 unit Omoda 5. Wuling Alvez yang digadang-gadang menjadi penantang kuat Honda HR-V nyatanya distribusinya masih lebih sedikit.

Pada Agustus 2023, penjualan wholesales Wuling Alvez hanya mencapai 256 unit. Dibandingkan rivalnya, Alvez merupakan SUV kompak yang harganya paling murah. Seluruh varian Wuling Alvez ditawarkan dengan banderol di bawah Rp 300 juta. Meski demikian, fitur-fitur yang tersemat masih bisa dibandingkan dengan para rival.

Di posisi buncit ada Suzuki Grand Vitara. Grand Vitara yang hanya menawarkan opsi mesin hybrid ini distribusinya mencapai 211 unit. Rival Honda HR-V tak cuma model-model di atas. Diketahui Mitsubishi Xforce juga memanaskan persaingan setelah meluncur di pameran GIIAS 2023. Namun demikian, distribusi Mitsubishi Xforce baru dilakukan pada November 2023.(detik.com)

 

#Otomotif

Index

Berita Lainnya

Index