Seputar Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional 13 Oktober

Seputar Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional 13 Oktober
Ilustrasi bencana (Foto: Thinsktock)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Tanggal 13 Oktober diperingati sebagai Hari Pengurangan Risiko Bencana Alam Internasional atau International Day for Disaster Risk Reduction. Peringatan ini menyoroti isu-isu seputar upaya pengurangan risiko bencana dan melawan ketidaksetaraan.

Hari Pengurangan Risiko Bencana Alam Internasional diperingati pada tanggal 13 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini dimulai sejak tahun 1989 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan diselenggarakan setiap tahunnya oleh UNDRR selaku Badan PBB untuk Strategi Internasional Pengurangan Risiko Bencana.

Sejarah Peringatannya 13 Oktober
Dikutip dari laman United Nations (PBB), Hari Internasional untuk Pengurangan Risiko Bencana dimulai tahun 1989, setelah Majelis Umum PBB mempromosikan budaya global kesadaran risiko dan pengurangan bencana. Hari ini bertujuan untuk berupaya mengurangi paparan risiko bencana dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mengekang risiko yang dihadapi.

Menurut sejarahnya, pada tahun 2015 diadakan Konferensi Dunia PBB Ketiga tentang Pengurangan Risiko Bencana' di Sendai, Jepang. Pada konferensi tersebut, masyarakat internasional diingatkan bahwa bencana paling parah melanda di tingkat lokal dengan potensi menyebabkan hilangnya nyawa dan pergolakan sosial dan ekonomi yang besar.

Bencana yang terjadi secara tiba-tiba menggusur jutaan orang setiap tahun. Bencana, banyak di antaranya diperburuk oleh perubahan iklim, memiliki dampak negatif pada investasi dalam pembangunan berkelanjutan dan hasil yang diinginkan.

Adanya 'Kerangka Kerja Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana' berfokus pada orang dan berorientasi pada tindakan dalam pendekatannya terhadap pengurangan risiko bencana dan berlaku untuk risiko bencana skala kecil dan skala besar yang disebabkan oleh bahaya buatan manusia, atau alam, serta bahaya dan risiko lingkungan, teknologi dan biologi terkait.

Tema Peringatannya Tahun 2023
Seperti dilansir laman UNDRR, Tema Hari Pengurangan Risiko Bencana Alam Internasional 2023 adalah "Fighting inequality for a resilient future", yang artinya "Memerangi ketidaksetaraan untuk masa depan yang tangguh". Tema ini didukung dengan tagar #DRRDay #ResilienceForAll #BreakTheCycle.

Tema tersebut membahas hubungan antara bencana dan ketidaksetaraan. Bencana dan ketidaksetaraan adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Setiap kesulitan memperkuat yang lain: akses yang tidak merata ke layanan membuat yang paling rentan terkena bahaya bencana; sementara dampak bencana memperburuk ketidaksetaraan dan mendorong yang paling berisiko lebih jauh ke dalam kemiskinan.

Karena sebagian besar negara yang berisiko tinggi bencana juga termasuk di antara negara-negara dengan bagian tertinggi dari populasi yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional, Badan PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR) mendorong orang untuk mengambil tindakan untuk memutus siklus bencana dan meningkatnya ketidaksetaraan.(detik.com)

 

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index