Hari Standar Dunia 2023: Tema dan Sejarah Peringatannya 14 Oktober

Hari Standar Dunia 2023: Tema dan Sejarah Peringatannya 14 Oktober
Tema Hari Standar Dunia 2023 | Foto: International Organization for Standardization (ISO)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA - Tanggal 14 Oktober diperingati sebagai Hari Standar Dunia atau World Standards Day (WSD). Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya standardisasi produk global dan pentingnya bagi perekonomian dunia.

Hari Standar Dunia dirayakan oleh para anggota ISO (International Standards Organization), IEC (International Electrotechnical Commission), dan ITU (International Telecommunication Union). Ini merupakan sarana untuk memberikan apresiasi atas upaya kolaboratif ribuan ahli di seluruh dunia yang mengembangkan perjanjian teknis sukarela yang diterbitkan sebagai Standar Internasional.

Untuk di Indonesia, badan yang berperan aktif dalam organisasi standar dunia yaitu Badan Standardisasi Nasional (BSN), beserta unsur kementerian atau lembaga terkait standardisasi di Indonesia.

Sejarah Hari Standar Dunia
Menurut laman National Today, sejarah Hari Standar Dunia bermula dari pertemuan pada tahun 1946 di London. Pada saat itu, Delegasi dari 25 negara bertemu di London untuk membahas pembentukan organisasi internasional yang berfokus pada pengembangan standardisasi dunia.

Pertemuan tersebut menghasilkan pembentukan Organisasi Internasional untuk Standardisasi atau International Standards Organization (ISO) pada tahun 1947. ISO merupakan organisasi internasional yang dibebani dengan tanggung jawab pengaturan dan fasilitasi standardisasi.

Kemudian pada tahun 1970, World Standards Day atau Hari Standar Dunia pertama kali dirayakan. Selanjutnya pada tanggal 14 Oktober setiap tahun, anggota ISO, IEC, ITU, organisasi standardisasi internasional lainnya, dan orang-orang di seluruh dunia memperingati Hari Standar Dunia.

Hari Standar Dunia diperingati setiap 14 Oktober untuk menghargai para pakar di seluruh dunia yang telah berkolaborasi di dalam mengembangkan standar internasional, dalam rangka memfasilitasi perdagangan, penyebaran ilmu pengetahuan dan diseminasi teknologi.

Tema Hari Standar Dunia 2023
Setiap tahun, diusung tema yang berbeda oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) dalam rangka merayakan Hari Standar Dunia pada tanggal 14 Oktober. Dilansir laman ISO, untuk tahun ini, Tema Hari Standar Dunia 2023 adalah "Shared Vision for A Better World".

Tema ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang memproyeksikan untuk mengatasi ketidakseimbangan sosial, mengembangkan ekonomi berkelanjutan, dan memperlambat laju perubahan iklim. Untuk menjangkau mereka akan membutuhkan kerja sama dari banyak mitra publik dan swasta, dan penggunaan semua alat yang tersedia, termasuk standar internasional dan penilaian kesesuaian.(detik.com)

 

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index