Viral! Pasangan di India Jual Bayi Mereka Demi Beli iPhone 14, Untuk Bikin Konten dan Jadi Influencer

Viral! Pasangan di India Jual Bayi Mereka Demi Beli iPhone 14, Untuk Bikin Konten dan Jadi Influencer
Jajaran produk iPhone 14 Series yang tersedia di iBox Apple Premium Partner, Plaza Indonesia, Jakarta.

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA -  Sebuah kasus mengemparkan terjadi di India, di mana suami istri di sana dilaporkan rela menjual bayi mereka yang berumur 8 bulan untuk membeli iPhone 14.

Mengutip Apple Insider, Minggu (30/7/2023), pasangan tersebut ingin memiliki iPhone 14 untuk menjadi influencer dan membuat konten Reels di Instagram.
Disebutkan, mereka sudah mempersiapkan diri untuk merekam wisata ke seluruh negara bagian Benggala Barat menggunakan iPhone 14 tersebut.

Dilansir DailyO India, kasus pasangan jual bayi demi iPhone ini terungkap ketika tetangga mereka menyadari bayi berusia delapan bulan pasangan tersebut telah hilang.

Namun di waktu yang sama, suami istri tersebut terlihat sedang gembira dan mendapati mereka menggunakan iPhone walau keduanya sedang mengalami masalah keuangan.

Saat ditanya, sang ibu mengaku telah menjual bayi mereka dan menggunakan uang hasil penjualan tersebut untuk beli iPhone 14 dan mendanai rencana wisata mereka ke Benggala Barat.

Hingga berita ini ditulis, wanita yang disebutkan bernama Sathi tersebut telah ditangkap. Perempuan yang membeli bayi mereka, Priyanka Ghosha, pun ikut ditangkap oleh kepolisian dan bayi malang tersebut berhasil diselamatkan.

Sementara itu, ayah sang bayi juga menghadapi tuduhan tambahan, yaitu berupaya menjual anaknya yang lain yang berusia tujuh tahun. Bersyukur rencananya tidak terwujud.

Bank Dunia mencatat, Benggala Barat memiliki banyak kantong kemiskinan, yang bisa jadi memicu kecurigaan warga di sekitar tempat tinggal kedua pelaku.

Menurut laporan Riset Legislatif PRS tahun 2022, PDB per kapita kawasan ini kira-kira USD 1.600, sedikit lebih tinggi dari harga iPhone 14 di Benggala Barat saat itu.
iPhone 14 Pro Max Jadi Smartphone Flagship Terlaris di Dunia
Di sisi lain, Samsung mengungguli posisi Apple dalam hal pengiriman jumlah smartphone ke seluruh dunia selama tiga bulan pertama 2023. Namun, iPhone jadi pemenang dalam smartphone flagship terlaris di awal kuartal pertama tahun ini.

Mengutip Phone Arena, Sabtu (3/6/2023), Apple belum mampu meningkatkan penjualan handsetnya di kuartal pertama 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kendati demikian, Apple tampil cukup baik di pasar utama seperti Tiongkok dan Eropa Barat, terutama untuk segmen smartphone premium.

Berdasarkan laporan Canalys, iPhone 14 Pro Max mendominasi penjualan smartphone flagship pada kuartal pertama 2023. Perangkat ini jadi smartphone paling laris dengan harga USD 500 (di atas Rp 7,4 jutaan), diikuti oleh iPhone 14 Pro, iPhone 14, dan iPhone 13.

Canalys mengunggah laporan smartphone flagship terlaris di akun Twitternya. Capaian iPhone 14 Pro Max dan iPhone secara keseluruhan pun membuatnya cukup impresif.

Sekadar informasi, perangkat dengan rentang harga di atas USD 500 tengah meningkat di seluruh dunia dengan kenaikan 4,7 persen di 90 hari pertama 2023, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara, smartphone di rentang harga USD 300-USD 500 (Rp 4,5-7 jutaan), USD 200-USD 299 (Rp 2,9-4,4 jutaan), dan USD 100-USD 199 (Rp 1,4-2,9 jutaan) semuanya menghadapi penurunan permintaan dalam jangka waktu yang sama.
15 Smartphone Flagship Terlaris, Apa Saja?
Saat ini menurut data Canalys, berikut adalah deretan smartphone flagship paling laris di dunia di awal 2023:

iPhone 14 Pro Max
iPhone 14 Pro
iPhone 14
iPhone 13
Galaxy S23 Ultra
iPhone 14 Plus
Galaxy S23
iPhone 12
Galaxy S23 Plus
Galaxy Z Flip 4
iPhone SE Generasi ke-3
Galaxy S22
Xiaomi 13
Huawei Mate 50
Galaxy S21 FE 5G
Sekadar informasi, iPhone 13 regular merupakan smartphone paling laris di tahun 2022, diikuti oleh iPhone 13 Pro Max.

Jika sisa tahun 2023 berjalan seperti di atas, Apple akan mendapatkan angka laba yang memecahkan rekor. Apalagi didorong kehadiran iPhone 14 Plus, iPhone 12, dan iPhone 13 di antara 15 smartphone terpopuler di dunia pada kuartal pertama 2023.

Sementara, iPhone 14 Plus jelas jadi peningkatan dari iPhone 13 Mini, mengalahkan Galaxy S23 yang kalah tipis di posisi ke-6.

Memang bukan capaian yang terbaik bagi Samsung, namun perusahaan relatif puas melihat Samsung Galaxy S23 Plus, Z Flip 4, S22, dan Galaxy S21 FE 5G juga masuk ke daftar ini.

Smartphone Layar Lipat
Hanya ada satu smartphone layar lipat di daftar 15 smartphone flagship terlaris 2023, yakni Galaxy Z Flip 4. Sementara, tidak ada nama Samsung Galaxy Z Fold 4 di daftar ini.

Perangkat lain yang juga masuk ke daftar terlaris adalah Xiaomi 13 dan Huawei Mate 50.

Smartphone layar lipat tampaknya mengalami sedikit masalah tak terduga dan jelas masih harus dilihat apakah ke depannya Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 4 mampu mengubahnya dengan layar lebih besar dan penyempurnaan desain.

Sementara itu, keluarga Galaxy S23, harus terus berjuang untuk menyamai kesuksesan iPhone 14, hingga jajaran iPhone 15 dirilis dan kemungkinan bakal laris manis di pasaran.

Beberapa Merek yang Tak Masuk Daftar
Beberapa nama yang hilang dari smartphone flagship USD 500 ke atas terlaris adalah Galaxy S22 Ultra. Selain itu juga tidak ada Google Pixel 7 dan 7 Pro, serta hilangnya merek Motorola Edge+ (2022), smartphone Oppo, dan Vivo.
 

#Teknologi

Index

Berita Lainnya

Index